Semen Posolan

Dalam upaya sosialisasi Semen Posolan Kapur (SPK) di masyarakat Lampung Selatan dan sekitarnya, perlu dilakukan penelitian mengenai pemanfaatan langsung dari semen tersebut yang salah satunya adalah sebagai bahan untuk pembuatan conblock. Mutu conblock sebagai bahan bangunan sangat dipengaruhi oleh mutu bahan baku seperti tras, semen, dan kapur serta proses pembuatannya.

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas conblok yang terbuat dari campuran tras dan SPK melalui penambahan aditif seperti zeolit, kalsium klorida dan sodium sulfat sebagai bahan pengaktif sehingga dihasilkan produk conblock yang layak pakai dan memenuhi standar bata beton berlubang sebagai bahan bangunan.

 

Metodologi yang digunakan meliputi pengumpulan data primer dan sekunder, ujicoba, analisis, dan evaluasi. Dalam percobaan ini digunakan tras dari daerah Lempasing, Bandar Lampung dan pasir dari Gunung Sugih.

Hasil percobaan menunjukkan bahwa dengan penambahan CaCl2 1% kuat tekan meningkat dari 14,26 kg/cm2 menjadi 19,20 kg/cm2 dan dengan CaCl2 2% meningkat sampai 25,20 kg/cm2. Sementara penambahan PC 5,8% meningkatkan kuat tekan menjadi 56,70 kg/cm2 dan dengan penambahan PC 11,10% kualitas conblock meningkat dari kualitas II menjadi kualitas I dengan kuat tekan sebesar 89,7 kg/cm2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *