Informasi Paving Block SNI

Paving memiliki beragam kekuatan dan klasifikasi penggunaan bila diukur dengan Standar SNI. Harga Paving yang murah tidak selalu dapat diartikan bahwa kualitas & Kekuatan Paving tersebut tidak bagus. Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat dari tabel Klasifikasi Mutu Beton Paving berdasarkan SNI :

Ketahanan terhadap natrium sulfat tidak boleh cacat dan kehilangan berat yang diperkenankan maksimum 1,1

Keterangan : * mPa = mega Pascal ( 1 mPa = 10 kg/cm = K 10 )

Berdasarkan   SNI   03-0691-1996   klasifikasi   Paving   block dibedakan menurut kelas penggunaannya sebagai berikut:

Paving Mutu A : digunakan untuk jalan

Paving Mutu B : digunakan untuk pelataran parkir

Paving Mutu C : digunakan untuk pejalan kaki

Paving Mutu D : digunakan untuk taman dan pengguna lain

Paving yang diproduksi secara manual biasanya termasuk dalam mutu beton kelas D atau C yaitu untuk tujuan pemakaian non struktural, seperti untuk taman dan penggunaan  lain yang tidak diperlukan  untuk menahan beban berat di atasnya. Mutu paving yang pengerjaannya dengan menggunakan mesin pres dapat dikategorikan ke dalam mutu beton kelas C sampai   A   dengan   kuat   tekan   diatas   125   kg/cm2     bergantung   pada perbandingan campuran bahan yang digunakan

Penampakan antara paving yang diproduksi dengan cara manual dan paving pres mesin secara kasat mata relatif hampir sama, namun permukaan paving yang diproduksi dengan mesin pres terlihat lebih rapat dibanding yang dibuat secara manual.

Agar area lahan yang anda “Paving” kan tetap terjaga dan bertahan untuk jangka waktu yang lama, pilih dan gunakanlah Paving secara bijak sesuai dengan mutu kuat beton serta kelas penggunaannya masing-masing. Semoga bermanfaat !!!